Shopping cart

Magazines cover a wide array subjects, including but not limited to fashion, lifestyle, health, politics, business, Entertainment, sports, science,

  • Home
  • Makanan
  • Kuliner Khas Medan, Panduan Lengkap Menjelajahi Rasa Kota Durian!
Makanan

Kuliner Khas Medan, Panduan Lengkap Menjelajahi Rasa Kota Durian!

Email :9

Kota Medan, terkenal sebagai surga kuliner di Sumatera Utara, Indonesia, menawarkan kekayaan cita rasa yang memikat lidah pengunjungnya.

Dengan pengaruh budaya yang beragam, termasuk Melayu, Jawa, India, Tionghoa, dan Batak, kuliner khas Medan adalah perpaduan harmonis antara berbagai bumbu dan teknik masak.

Salah satu keistimewaan kuliner di kota ini adalah durian Medan yang terkenal manis dan lezat. Selain itu, hidangan seperti Bika Ambon, Bolu Gulung, dan Soto Medan menjadi bukti keunikan kuliner khas kota ini.

Dari kedai kopi sederhana hingga restoran mewah, Medan menawarkan pengalaman bersantap yang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menggugah selera dan memperkaya pengetahuan kuliner. Bagi para pecinta makanan, menjelajahi Medan adalah sebuah petualangan rasa yang tak terlupakan.

Kuliner Lezat Khas Medan yang Harus Dicicipi

Kota Medan, dikenal dengan keberagamannya, menawarkan hidangan yang unik dan memikat. Setiap hidangan menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner yang telah lama ada.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati cita rasa autentik yang hanya bisa ditemukan di kota yang vibrant ini.

1. Soto Medan

Soto Medan terkenal sebagai kuliner andalan kota Medan dengan kuah santan berwarna kuning pucat dan sedikit kehijauan. Kuahnya yang kaya rempah-rempah, ditambah dengan sedikit jinten, menciptakan rasa yang mendalam dan memikat.

Makanan Medan ini umumnya disajikan dengan suwiran daging ayam atau sapi, bihun, telur rebus, dan kerupuk merah, menghasilkan kombinasi yang lezat dan menggugah selera.

2. Dali ni Horbo

Dali ni Horbo adalah makanan tradisional khas Medan, dibuat dari susu kerbau yang diproses menjadi keju. Kata ‘Dali’ dalam bahasa Batak berarti ‘keju’, sementara ‘horbo’ berarti susu kerbau.

Proses pembuatan yang rumit memberikan keju ini rasa yang kaya dan tekstur yang unik, sekaligus menjadikannya bernutrisi.

Dikenal tidak hanya karena kelezatannya, Dali ni Horbo juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Jangan lupa mencoba keju khas Batak ini saat berkunjung ke Sumatera Utara!

3. Lemang Pulut

Lemang Pulut merupakan hidangan khas yang sering ditemukan selama bulan puasa. Terbuat dari nasi ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang, hidangan ini biasanya disajikan bersama lauk pendamping seperti sambal goreng ati, gulai kambing, atau rendang.

Jika Anda ingin mencicipi Lemang Pulut di luar bulan puasa, beberapa restoran di Medan menyediakannya sepanjang tahun.

4. Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah pilihan yang sempurna untuk oleh-oleh dari Medan. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti tepung terigu, telur, gula, dan santan, bolu ini menawarkan tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Bolu Meranti tersedia dalam berbagai varian rasa dan topping yang menarik, menjadikannya pilihan yang lezat untuk dinikmati atau dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

5. Sayur Gurih Tauco

Sayur gurih tauco adalah hidangan khas Medan yang menawarkan rasa unik dan menggoda selera. Hidangan ini terbuat dari campuran sayuran segar dan bumbu tauco yang kaya rasa, menciptakan kombinasi yang memanjakan lidah dengan sentuhan asin, manis, dan sedikit pedas.

Keistimewaan sayur tauco Medan terletak pada penggunaan tauco yang diproduksi secara tradisional, menambah kekhasan pada setiap suapan.

6. Bika Ambon

Bika Ambon, meskipun namanya, sebenarnya berasal dari Medan dan bukan Ambon. Kue manis ini dibuat dari campuran telur, gula, santan, dan tepung beras, serta seringkali diberi aroma pandan.

Bika Ambon dikenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa yang khas, menjadikannya favorit baik untuk dinikmati sendiri maupun sebagai oleh-oleh.

7. Lontong Medan

Lontong Medan adalah salah satu hidangan terkenal dari Medan yang terbuat dari lontong dan dihidangkan bersama aneka lauk seperti ayam, telur, dan sayuran. Hidangan ini kaya akan rasa berkat kuah santan gurih yang penuh dengan rempah.

Menjadi salah satu kuliner wajib coba saat berkunjung ke Medan, Lontong Medan menawarkan pengalaman rasa yang memuaskan dan otentik.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Palembang yang Enak dan Terkenal, Wajib Dicoba!

8. Mie Gomak

Mie gomak, khas suku Batak Toba dan Batak Mandailing di Sumatera Utara, adalah jenis mie yang disajikan dalam kuah santan kental berempah. Nama “gomak” berasal dari cara penyajiannya, di mana mie diambil atau ‘digomak’ menggunakan tangan.

Mie ini menawarkan kekayaan rasa yang merupakan cerminan dari budaya kuliner Batak yang kaya dan penuh tradisi.

 

Itulah beberapa contoh kuliner lezat khas Medan yang harus Anda cicipi. Dari Soto Medan yang kaya rempah hingga Bika Ambon yang manis, setiap hidangan menawarkan cita rasa unik yang mencerminkan kekayaan budaya kuliner kota Medan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keanekaragaman kuliner ini saat berkunjung ke Medan!

Comments are closed

Related Posts

X