Shopping cart

Magazines cover a wide array subjects, including but not limited to fashion, lifestyle, health, politics, business, Entertainment, sports, science,

  • Home
  • Wisata
  • Indahnya Coban Rondo, Pesona Air Terjun Eksotis di Jantung Malang
Wisata

Indahnya Coban Rondo, Pesona Air Terjun Eksotis di Jantung Malang

Email :7

Coban Rondo, air terjun yang terletak di lereng Gunung Panderman di Malang, Jawa Timur, adalah destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan alam dan keindahan pemandangan.

Tempat ini menawarkan panorama alam yang mempesona dengan air terjun yang jernih mengalir dari ketinggian, dikelilingi oleh hutan pinus yang rindang dan udara yang segar.

Cocok untuk pengunjung dari segala usia, Coban Rondo menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas yang menarik, mulai dari area piknik yang nyaman hingga jalur trekking yang menantang.

Kunjungan ke Coban Rondo tidak hanya memberikan kesempatan untuk bersantai di alam, tetapi juga menginspirasi apresiasi terhadap keajaiban alam lokal.

Asal Usul Nama Coban Rondo

Nama "Coban Rondo" sangat erat kaitannya dengan legenda Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan suaminya, Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmara. Kisah ini bermula ketika mereka bertemu dengan Joko Lelono dalam perjalanan mereka.

Terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati, Joko Lelono menyebabkan cemburu yang mendalam pada Raden Baron Kusuma, memicu pertarungan sengit antara keduanya. Pertarungan tersebut berakhir tragis dengan kematian kedua pria tersebut.

Sementara itu, Dewi Anjarwati yang bersembunyi dekat sebuah air terjun, mendengar kabar duka tentang suaminya. Kesedihannya yang mendalam membuatnya tidak pernah meninggalkan tempat itu lagi.

Akibatnya, Dewi Anjarwati dikenal sebagai rondo, atau janda, dan air terjun tempat ia berduka tersebut kemudian dikenal dengan nama Coban Rondo.

Definisi Mitos di Coban Rondo

Mitos merupakan cerita rakyat yang menceritakan tentang dewa-dewi dan para pahlawan kuno, memberikan penjelasan tentang asal-usul alam semesta, manusia, dan bangsa yang berkaitan.

Cerita-cerita ini seringkali mengandung pesan mendalam dan sering disampaikan melalui unsur-unsur supernatural atau gaib.

1. Kutukan bagi Pasangan yang Berpacaran

Dikatakan bahwa pasangan yang belum menikah yang berkunjung ke Air Terjun Coban Rondo akan mendapat kesialan.

Legenda mengatakan bahwa Dewi Anjarwati, yang masih berduka atas kehilangan suaminya, tidak ingin melihat orang lain bersenang-senang di tempat penderitaannya.

2. Tabu Membuang Sampah

Terdapat larangan keras terhadap membuang sampah atau buang air sembarangan di sekitar Air Terjun Coban Rondo.

Dipercaya bahwa area tersebut dihuni oleh makhluk halus dan pelanggaran terhadap larangan ini akan mengakibatkan pelaku terkena kutukan dan diikuti oleh makhluk halus sampai ke rumahnya.

3. Tradisi Selapanan Jawa

Masyarakat lokal sangat menghormati tradisi Selapanan Jawa, yaitu kebiasaan dimana pengantin baru tidak diperbolehkan bepergian sebelum mencapai hari ke-35 pasca pernikahan (selapan).

Melanggar tradisi ini dianggap dapat membawa sanksi atau hukuman bagi pasangan yang bersangkutan.

4. Legenda Dewi Anjarwati

Dipercayai bahwa Dewi Anjarwati masih bersemayam di Air Terjun Coban Rondo. Menurut mitos setempat, ketika Dewi Anjarwati merasa sedih, ia akan berkomunikasi dengan perempuan yang mengunjungi air terjun tersebut.

Pesona dan Keseruan di Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo lebih dari sekadar tempat wisata alam yang menawan; tempat ini memiliki berbagai daya tarik yang memikat pengunjung untuk kembali berkunjung.

Berikut ini adalah beberapa aspek yang membuat Air Terjun Coban Rondo menjadi destinasi yang unik dan menarik.

1. Taman Labirin

Salah satu atraksi paling menarik di dekat Coban Rondo adalah Taman Labirin. Dengan desain yang indah dan terawat, taman ini menyajikan sebuah pengalaman unik bagi pengunjung yang ingin mengarungi labirin yang dibuat dari tanaman hijau yang lebat.

Taman Labirin Coban Rondo menawarkan kesempatan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam sekitarnya sambil menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman. Jadi, siap-siaplah untuk petualangan memikat—dan jangan sampai tersesat!

2. Kegiatan Menarik Lainnya

Di samping mengagumi air terjun dan Taman Labirin, Coban Rondo menyuguhkan beragam kegiatan seru yang bisa dinikmati pengunjung.

Dari trekking yang menantang untuk menjelajahi keindahan alam sekitar hingga berpose di spot-spot fotogenik dekat air terjun, destinasi Wisata Batu Malang ini menjanjikan pengalaman liburan yang berkesan bagi setiap pengunjung.

Anda juga bisa mengadakan piknik menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman di area yang disediakan. Selain itu, ada taman kelinci, fasilitas berkuda, segway, dan ATV yang siap memperkaya pengalaman Anda selama berada di Coban Rondo!

3. Fasilitas Camping Ground

Bagi pengunjung yang mencari pengalaman yang lebih mendalam dengan alam, Coban Rondo menyediakan fasilitas camping ground yang nyaman.

Berada di tengah kehijauan alam dan hawa yang segar, berkemah di dekat Coban Rondo menjanjikan sebuah pengalaman yang tidak terlupakan untuk Anda dan keluarga.

Menghabiskan malam di bawah langit bertabur bintang sambil mendengarkan suara gemericik air terjun memberikan nuansa camping yang unik dan istimewa.

Comments are closed

Related Posts

X