Shopping cart

Magazines cover a wide array subjects, including but not limited to fashion, lifestyle, health, politics, business, Entertainment, sports, science,

Agama

Amalan Doa Setelah Sholat Dhuha

Email :11

Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sholat ini dikerjakan pada waktu dhuha, yaitu ketika matahari mulai naik hingga mendekati waktu zuhur. 

Salah satu amalan yang sering dilakukan setelah melaksanakan sholat Dhuha adalah berdoa. Doa setelah sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang sangat besar bagi umat Muslim. 

Berikut ini adalah pembahasan mendalam mengenai amalan doa setelah sholat Dhuha, termasuk tata cara, manfaat, dan keutamaannya.

 

Manfaat Sholat Dhuha

Sholat Dhuha dikenal sebagai sholat yang mendatangkan rezeki. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Pada tiap-tiap sendi seorang di antara kalian wajib atasnya sedekah. 

Maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, demikian juga amar ma’ruf dan nahi munkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.”

Tata Cara Sholat Dhuha

Sholat Dhuha dapat dilakukan dengan minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat, dengan salam setiap dua rakaat. Berikut adalah tata cara melaksanakan sholat Dhuha:

  1. Niat: Sebelum memulai sholat, niatkan dalam hati untuk melaksanakan sholat Dhuha karena Allah Ta’ala.
  2. Takbiratul Ihram: Mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga sambil mengucapkan “Allahu Akbar.”
  3. Bacaan Al-Fatihah: Membaca Surah Al-Fatihah pada rakaat pertama dan kedua, dilanjutkan dengan surah pendek dari Al-Qur’an.
  4. Ruku’: Membungkuk dengan tangan diletakkan pada lutut, membaca “Subhana rabbiyal ‘azhiimi wabihamdih” tiga kali.
  5. I’tidal: Bangun dari ruku’ dengan membaca “Sami’allahu liman hamidah, rabbana lakal hamd.”
  6. Sujud: Sujud pertama dengan membaca “Subhana rabbiyal a’la wabihamdih” tiga kali.
  7. Duduk di antara dua sujud: Duduk sejenak dengan membaca “Rabbighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’aafinii, wa’fuannii.”
  8. Sujud kedua: Sujud kembali dengan membaca “Subhana rabbiyal a’la wabihamdih” tiga kali.
  9. Bangun untuk rakaat kedua: Melanjutkan dengan rakaat kedua dengan tata cara yang sama seperti rakaat pertama.
  10. Tasyahud Akhir: Setelah selesai rakaat kedua, duduk tasyahud akhir dan membaca doa tasyahud.
  11. Salam: Menoleh ke kanan dan ke kiri dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha, dianjurkan untuk membaca doa. Berikut adalah salah satu doa setelah sholat Dhuha:

“Allahumma innad dhuha dhuha-uka, wal bahaa bahaa-uka, wal jamala jamalu-uka, wal quwwata quwwat-uka, wal qudrata qudrat-uka, wal ‘ismata ‘ismat-uka. Allahumma in kana rizqi fis-sama’i fa-anzilhu, wa in kana fil-ardi fa-akhrijhu, wa in kana mu’assaran fa-yassirhu, wa in kana haraman fa-tahhirhu, wa in kana ba’idan fa-qarribhu, bihaqqi dhuha-uka, wa bahaa-uka, wa jamal-uka, wa quwwat-uka, wa qudrat-uka, atini ma ataita ‘ibadaka sh-shalihin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku berada di langit, maka turunkanlah. Jika berada di bumi, maka keluarkanlah. Jika sulit, maka mudahkanlah. Jika haram, maka sucikanlah. Jika jauh, maka dekatkanlah. Dengan kebenaran waktu Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepadaku apa yang Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Keutamaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Berdoa setelah sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Mendatangkan Rezeki: Sholat Dhuha disebut sebagai sholat yang dapat membuka pintu rezeki. Dengan doa ini, umat Muslim berharap agar Allah memudahkan dan melapangkan rezeki mereka.
  2. Menghapus Dosa: Doa setelah sholat Dhuha juga diyakini dapat membantu menghapus dosa-dosa kecil yang telah dilakukan.
  3. Mendekatkan Diri kepada Allah: Melalui doa, seorang hamba menunjukkan ketergantungan dan harapannya hanya kepada Allah, memperkuat hubungan spiritual dengan Sang Pencipta.
  4. Menjaga Kesehatan: Sholat Dhuha juga dikenal memiliki manfaat kesehatan, seperti melancarkan peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh, yang selanjutnya dipertegas dengan doa agar selalu diberi kesehatan dan keberkahan.

Sumber Referensi

  • Kitab Hadits Shahih Muslim
  • Kitab Riyadhus Shalihin oleh Imam Nawawi
  • Tafsir Al-Qur’an oleh Ibnu Katsir

Dengan menjalankan sholat Dhuha dan mengamalkan doa setelahnya, umat Muslim dapat merasakan berbagai manfaat, baik secara spiritual maupun jasmani. Amalan ini tidak hanya memperkuat iman dan ketakwaan, tetapi juga mendatangkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dan istiqomah dalam mengamalkan sholat Dhuha serta doa-doa yang dianjurkan setelahnya.

Comments are closed

Related Posts

X